Ilmu Budaya Dasar ke- 10

  • Pengertian kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidaksabar, dan cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kwatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahanhanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Kegelisahan merupakansalah satu ekspresi kecemasan. Karena itu dalam pengertian sehari-hari kegelisahan juga diartikan kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan. Masalh kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.

  • 3 macam kecemasan yang menimpa manusia
    Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan(obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.

~ Kecemasan obyektif
adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalamdunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam utnuk mencelakakannya.Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisikecenderungan untuk menjadia takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu darilingkungan..

~ Kecemasan neorotis
timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah Menurut Sigmund Freud kecemasanini dibagi tiga macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yangirasional (phobia) dan rasa takut lain karena gugup, gagap dan sebaganya.

~ Kecemasan moril
disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam=macam emosi atnra lain:isri, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang. Semua itu merupakan sebagian dari pernyataan individu secarakeseluruhan berdasarkan konsep yang kurang sehat. Sikap seperti itu sering membuat orang merasa kwatir, cemas, takutgelisah dan putus asa.Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman
dari dalam maupun dari luar. Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

  • Contoh orang  gelisah

–          Tidak tenang

–          Berkeringat

–          Berbicara gugup

–          Tidak percaya diri

  • Usahan mengatasi kegelisahan

–          Berdo’a

–          Tenang

–          Berjalan – jalan

–          Minum air

–          Percaya diri

  • Pengertian keterasingan

Terasing, diasingkan atau sedang dalam keterasingan sudah ada sejak puluhan bahkan ribuan tahun lamanya. Dimana terasing pada dasarnya dapat didefinisikan sebagi bentuk kehilangan eksistensi diri yang disebabkan tidak adanya pengakuan tentang keberadaan kita “secara hakikat” atau dengan kata lain merasa tersisihkan dan termarjinalkan oleh diri sendiri dan orang lain dalam pergaulan atau mayarakat. Keterasingan disebabkan oleh dua faktor, yaitu

– Faktor intern, atau fakor yang berasal dari dalam diri sendiri seperti merasa berbeda dengan orang lain, rendah diri dan bersikap apatis dengan lingkungan.

– Faktor ekstern, yaitu faktor yang berasal dari luar diri. Faktor ini pun biasanya bersumber pada faktor yang pertama.

  • Pengertian kesepian
  • Aplikasi dan perwujudan dari terasing adalah kesepian. Jika seseorang sudah merasa diasingkan maka orang tersebut akan mengalami kesepian dalam diri dan lingkungan sehingga merasa kesepian. Jika hal ini terus dibiarkan maka orang tersebut akan kehilangan unsur dan karakter unik dalam dirinya senhingga dia pun sulit untuk mengenali dirinya.
  • 3 penyebab kesepian

–          Tertalu banyak masalah yang di hadapi

–          Banyak fikiran

–          Tidak memperhatikan orang di sekitar

  • Contoh sesorang sedang kesepian

biasanya terjadi karena sikap rendah diri, minder dan yang lain. Sikap ini yang membuat kita kurang pergaulan, seperti pada saat di tempat ramai kita merasa kurang dari orang lain, nah itu yang membuat kita kesepian.

  • Pengertian ketidakpastian

sebuah upaya keluar dari lingkaran kekhawatiran dan mengembangkan lingkaran pengaruh. Dengan cara, memfokuskan energi kita untuk memecahkan masalah, bukan malah menjadi penyebab masalah, mengubah diri, dan memilah masalah atas dasar: kendali langsung, kendali tak langsung, dan yang di luar kendali.

  • Penyebab ketidakpastian

–          Kurangnya percaya diri

–          Adanya keragu-raguan

–          Obsesi

–          Phobia

–          Kompulasi

–          Histeria

–          Delusi

–          Halusinasi

–          Keadaan Emosi

  • Usahan mengatasi ketidakpastian

bertanya kepada diri kita sendiri. Apa sesungguhnya cita-cita manusia hidup di dunia? Jawabannya pastilah untuk mencapai kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Untuk sampai kepada kehidupan yang bahagia di akhirat kelak, kita harus mampu menata kehidupan di dunia. Karena kehidupan di dunia merupakan kehidupan dimana kita berhadapan dengan ciptaan lain, maka kebahagiaan itu hanya bisa kita raih manakala kita menggunakan hukum tabur-tuai. Siapa yang menabur ia akan menuai. Atau dalam khasanah kehidupan sosial kita harus memberi dahulu, baru menerima. Bukan dengan take and give, melainkan give and take. Yaitu dengan cara membahagiakan orang lain, membahagiakan pekerjaan, membahagiakan lingkungan tempat kita tinggal atau bekerja. Pendeknya jika kita ingin bahagia, maka bahagiakan dahulu orang lain.

Sumber : http://yourdreamisyourworld.blogspot.com/2011/05/manusia-dan-kegelisahan.html

http://filsafat.kompasiana.com/2012/02/10/memastikan-ketidakpastian/

http://abdulghoni-asykur.blogspot.com/2011/04/ibd-bab-10.html

Iklan
By lutfiabdulloh Posted in Tugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s